Kenapa sih motor harus Injeksi???

Posted on

Pagi mas bro semua..

“Alhamdulillah sudah hari Jum’at lagi. Jangan lupa sholat Jum’at mas bro..”

Karburator vs Injeksi
Langsung aja…

Menarik jika kita baca judul di atas. Ane barusan baca di otomotifnet.com , menarik apa yang diulas mengenai teknologi injeksi yang akan digadang-gadang di tahun 2012 ini. Langsung ane kutip dari webnya :

“Sistem injeksi memiliki hasil emisi gas buang yang jauh lebih rendah. Sedang karburator, memiliki keterbatasan,” ungkap Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).”

Sambungannya bisa dibaca di sini.

Saat ini dua baru pabrikan besar yang menggalakkan teknologi injeksi ini di line up produk-produk mereka, yaitu Honda dan Yamaha. Produk Honda yang setau ane mengadopsi teknologi injeksi adalah Supra X 125 (cmiiw), sedangkan Yamaha dengan mengandalkan Vixionnya mampu menguasai pasaran di segmen motor sport.

Ane sendiri penyemplak Vixion. Ane mau share disini pengalaman ane bersama Vixi selama 1 tahun lebih. Keuntungannya irit BBM, ane pernah turing Balikpapan-Bontang pp. Start dari Balikpapan isi penuh tangki (+ 12 liter) isi pertamax tentunya, jarak Balikpapan-Bontang + 200 km an. Di Bontang sempet keliling ke beberapa tempat wisata di sana. Kembali ke Balikpapan keesokan harinya dengan kondisi tangki belum diisi sejak pengisian di Balikpapan. Sampai di Balikpapan baru isi lagi, BBM yang tersisa tinggal + 1 liter.

Keuntungan lainnya adalah klo service berkala di Beres lebih cepet dibandingkan dengan motor karburator. Settingan injeksinya dikembalikan ke default pake alat (ane kurang tau nama alatnya apa, yang pasti bentuknya seperti pager, alat komunikasi sebelum HP).

Dukanya punya motor injeksi ini, klo tiba-tiba mogok di jalan, sudah cek sana-sini ternyata tidak mau nyala juga, musti ditarik atau diangkut ke Beres, bengkel umum belum punya alat buat ngeceknya mas bro. Yah semoga para petinggi atpm mau berbagi ilmu + perangkat untuk para mekanik bengkel umum.

Mungkin itu sedikit share dari ane, mungkin dari mas bro sekalian yang punya pengalaman bisa di share di mari.

Yang namanya teknologi baru pasti akan menuai pro dan kontra. Sekarang bagaimana kita menyikapinya, mau maju dengan teknologi baru atau kembali ke jaman batu???

One thought on “Kenapa sih motor harus Injeksi???

    hendryjeeps responded:
    January 19, 2012 at 11:07 am

    thanx for coming🙂

Leave a Reply

