Alay ???… Why not…

Posted on Updated on

Alay.. ada yang menyebutnya Anak Layangan, Anak Lebay atau apapun yang mencerminkan sesuatu yang berlebihan disebut alay. Sekarang istilah ini nge-trend di kalangan abege alias anak baru gede. Yah lebih gampangnya silahkan liat gambar di bawah ini.

Courtesy by roda2blog.wordpress.com

Sekarang ane tidak membahas alay jenis tadi mas bro. Di sini ane mau membahas hubungan antara alay dengan keamanan. Lho, apa hubungannya alay sama urusan keamanan???

Begini mas bro.. Saat ini era teknologi sudah sedemikian majunya tidak seperti jaman dahulu pertama kali komputer diciptakan. Sekarang jika tidak melek teknologi, kita akan ketinggalan. Tidak bisa dipungkiri klo teknologi sudah menjadi kebutuhan primer bagi kita semua. Dulu perangkat komputer merupakan barang mewah karena harganya yang selangit, namun sekarang komputer sudah bukan barang mewah lagi. Komputer sudah berevolusi menjadi perangkat-perangkat yang dapat mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Nah, kembali ke topik awal.. Apa sih hubungan antara alay sama keamanan??

Di era internet sekarang ini, ane yakin sebagian besar dari kita tidak bisa terlepas dari pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhananya adalah ATM. Kita bisa bertransaksi apapun dan kapanpun tanpa harus datang dan mengantri di bank. Nah, setiap kartu ATM pasti punya pin alias password.

Password atau kata kunci atau pin merupakan serangkaian kombinasi karakter huruf, angka, atau karakter lain yang digunakan untuk membuka sesuatu (cmiiw). Menurut survey yang pernah ane  baca, bahwa password dengan kombinasi tanggal lahir adalah password yang paling sering digunakan.cmiiw.. Tidak heran jika terjadi banyak pembobolan (email, internet banking,dsb) dikarenakan password tersebut mudah ditebak.

Untuk mempersulit akun kita dibobol (jangan sampe deh dibobol🙂 ), sebaiknya password berisi kombinasi antara huruf, angka, atau karakter yang lain (@#$%^&*). Misalnya 4l4y84n93d, password ini akan sulit ditembus, namun tidak menutup kemungkinan untuk ditembus karena hacker dan cracker sekarang ini canggih-canggih.

Berikut ini beberapa tips agar password kita terhindar dari pembobolan:

  1. Gunakan kombinasi yang terdiri dari huruf, angka, atau karakter lain. Semakin panjang dan alay passwordnya, akan semakin sulit ditembus akun kita.
  2. Lakukan penggantian password secara berkala, misal 2 minggu sekali baru diganti atau sebulan sekali.
  3. Setelah browsing, selalu hapus cookies yang masih tersimpan di browser kita. Cookies ini bisa tersimpan data username dan password kita.
  4. Jangan lupa log out jika habis login email atau abis fesbukan. Tentu mas bro gak mau kan klo akun mas bro dibajak n foto profilnya diganti J .
  5. Jangan pernah menyimpan data username dan password di ponsel atau di komputer. Klo bisa mending kita ingat, klopun musti disimpan, sebaiknya ditulis di kertas kecil kemudian disimpan di tempat aman.

Jadi.. Alay ???.. Why not..

Klo ada tips-tips yang lain, monggo di share mas bro..

(hendryjeeps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s