Ride Report (Trip to Penajam)

Posted on

Pelabuhan Kariangau, Balikpapan

Yup.. Setelah sekian lama + hampir setahun gak turing, akhirnya pada hari Ahad, 29 Januari 2012 kemarin ane n sodara ane (bro Boby YVCI A) turing jarak dekat. Kali ini tujuannya adalah kabupaten Penajam Paser Utara.. Kenapa ane milih ke Penajam?? Karena sudah lama ane gak main kesana. Terakhir ane kesana waktu masih kecil, ada sodara nikahan. Dan juga ane pengen ngerasain aspal Penajam dengan sepeda motor.

Alhamdulillah cuaca di Ahad kemarin cerah ceria🙂 .. Perjalanan menuju Penajam ada 2 jalur, yaitu via pelabuhan Kariangau (nyebrang pake kapal ferri) dan melalui KM 38 (jalur Balikpapan-Samarinda) menuju arah tempat wisata Bukit Bengkirai. Untuk menghemat waktu, ane pilih jalur pertama.

Harga tiket kapal ferri dari Balikpapan menuju Penajam adalah Rp. 17.500 (sepeda motor). Perjalanan menuju Penajam + 1 jam.

Dulu, Penajam itu masuk wilayah Balikpapan, namun sejak otonomi daerah, Penajam pisah dari Balikpapan dan menjadi kabupaten, yaitu kabupaten Penajam Paser Utara. Penajam sudah banyak perkembangan sejak berdiri sendiri, salah satu contohnya adalah jalanannya mulus mas bro..tata kotanya lebih rapi dibandingkan terakhir ane kesana..

Tujuan ane di Penajam adalah ke salah satu obyek wisatanya, yaitu pantai Tanjung Jumblai.. Ane inget dulu waktu kesana, jalan menuju pantai ini masih berupa tanah..jarak dari jalan besar lumayan jauh..kebayang gmana capeknya ke Tanjung Jumblai waktu itu..udah jauh, offroad pula jalannya..Tapi sekarang udah diaspal mas bro, yah walopun baru sebagian dan sebagian lagi (dekat pantai) masih kerikil..bukan tanah seperti dulu..Kondisi pantainya sama dengan pantai-pantai di Balikpapan, namun lebih bersih..fasilitasnya ada pondokan kecil, warung-warung, dan ada juga penyewaan banana  boat..

Karena waktu yang sedikit, ane tidak bisa lama-lama di Penajam karena musti kembali ke Balikpapan (besoknya musti kerja mas bro🙂 )..Harga tiket kapal ferri dari Penajam ke Balikpapan berbeda jika dari Balikpapan ke Penajam..Harga tiketnya adalah Rp. 20.500 (sepeda motor)..

Sesampainya di Balikpapan, ane ikut kopdar YVCI A Balikpapan Chapter..Setelah itu ane pulang untuk istirahat..

Sekian ride report ane..nantikan ride report ane berikutnya..

Wassalam..

(hendryjeeps)

2 thoughts on “Ride Report (Trip to Penajam)

    banghendri said:
    February 8, 2012 at 2:59 pm

    mantap oom
    salam kenal dari bandung ya:mrgreen:

Leave a Reply

