Utamakan Keselamatan Berkendara

Posted on

Mas bro sekalian.. Lagi-lagi kita dikejutkan oleh berita di media elektronik perihal kembali terjadi kecelakaan maut yang kali ini merenggut 14 korban jiwa di Cisarua, Bogor.. Seakan tidak pernah berhenti peristiwa kecelakaan yang terjadi dari bulan Januari 2012 hingga saat ini.. Mulai dari tabrakan maut Tugu Tani hingga Cisarua, Bogor.. Sudah puluhan nyawa melayang akibat serangkaian kecelakaan..

Beragam hal yang mengakibatkan kecelakaan di jalan, mulai dari kondisi pengemudi yang tidak fit.. Masih lekat di ingatan kita tentang tabrakan maut Tugu Tani yang merenggut 9 korban tewas, dimana pengemudi Xenia (Apriani Susanti) pada saat mengemudikan kendaraannya dalam keadaan mabuk akibat pengaruh narkoba dan minuman keras.. Hasil pemeriksaan diketahui bahwa pada malam sebelumnya, dia (Apriani) beserta ketiga kawannya mengadakan pesta minuman keras di salah satu diskotik..

Terjadinya kecelakaan tidak hanya dari kondisi pengemudi, bisa juga dari kondisi kendaraan yang tidak layak jalan.. Mulai dari rem blong (sudah jamak terjadi) hingga pecahnya ban.. Kemudian penyebab kecelakaan bisa terjadi dari infrastruktur pendukung yang tidak layak.. Jalan umum yang berlubang (hal ini sudah banyak korbannya, terutama pengendara roda dua, dan entah mengapa pemerintah seakan diam akan hal ini, padahal kita sudah bersusah payah membayar pajak dan rakyat tidak mendapatkan hasil dari pajak tersebut)..pengalihan sarana, contohnya trotoar (pedestrian street) sudah bukan milik para pejalan kaki, para pengendara motor dan pedagang sudah merebut hak pejalan kaki..dulunya fungsi trotoar adalah guna menghindari pejalan kaki agar tidak tertabrak kendaraan kini telah beralih fungsi..tidak ada lagi tempat aman bagi pejalan kaki..miris..

Mau pilih mana???

Keselamatan berkendara bisa dimulai dari diri kita sendiri.. Selalu lakukan pengecekan kendaraan sebelum kita bepergian.. Mulai dari pengecekan rem (pastikan berfungsi dengan baik), cek ban (pastikan tidak gundul), tekanan ban, periksa semua lampu-lampu (head light, lampu rem, lampu belakang, dan lampu isyarat (lampu sein)).. Buat pengendara roda dua, selalu kenakan safety gear, minimal menggunakan helm jika bepergian walaupun jaraknya dekat..

Yang tidak kalah pentingnya adalah selalu berdoa sebelum bepergian..pastikan kondisi kita dalam keadaan fit untuk berkendara.. Selalu waspada selama berkendara, tidak perlu ngebut, saling menghargai sesama pengguna jalan..

Ingat mas bro, keluarga kita menunggu di rumah..

Sekian dari ane..jika ada tambahan..monggo di share mas bro..

Sumber gambar: http://ratrianugrah.blogspot.com/2010/08/play-with-your-own-risk.html

(hendryjeeps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s