Tips Memilih dan Membeli Laptop

Posted on

image

Bro sis sekalian.. Jaman sekarang notebook atau laptop bukanlah barang mewah.. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu.. Waktu ane SMP sekitar tahun 1999, harga laptop masih berkisar puluhan juta.. So hanyalah orang-orang kaya yang bisa memilikinya.. Dan waktu itu ane inget banget, merk yang populer yaitu IBM.. Tebelnya kira-kira 1/2 kali tebalnya batu bata hehehe.. Dan beratnya hampir ngalahin beratnya batu bata..

Beberapa tahun kemudian seiring berkembangnya teknologi, laptop bukanlah barang mewah lagi.. Semua orang dari berbagai kalangan bisa memilikinya.. Spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh para produsen laptop membuat kita bisa menentukan laptop apa yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan kita.. Naah kali ini ane mau sharing sedikit tip bagaimana memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan.. Monggo disimak..

  • Budget

Yup.. Budget menempati urutan pertama.. Kenapa koq budget duluan? Karena faktor inilah yang menentukan laptop apa yang akan kita bawa pulang.. Hal inilah yang pertama kali ane tanyakan ke temen, rekan, atau saudara yang akan membeli laptop.. Seiring berkembangnya teknologi, membuat laptop semakin murah.. Dengan budget sekitar 5 jutaan kita bisa dapat laptop dengan spesifikasi prosesor Core i3, dan sangat memungkinkan bila tahun depan dengan budget yang sama, kita sudah bisa dapet laptop dengan spek Core i5.. So, udah punya budget berapa kira-kira?? Kalo udah kita langsung ke poin berikutnya..

  • Kebutuhan

Setelah itung-itung budget yang akan dialokasikan untuk laptop, selanjutnya adalah kebutuhan.. Kira-kira laptop yang akan dibeli nanti akan dipergunakan untuk apa?? Apakah hanya untuk sekedar browsing, untuk belajar, atau untuk bekerja.. Kalo hanya untuk browsing (internet, chatting, jejaring sosial, dll) bisa memilih laptop dengan spek rendah, misal bisa memilih netbook.. Dengan bentuknya yang kecil, netbook lebih simple dan tergolong ringan bila dibandingkan dengan laptop biasa.. Jika laptop nanti akan dipergunakan untuk belajar, lebih baik memilih laptop bukan netbook, karena bentuknya yang lebih besar dengan spek yang lebih besar dibandingkan netbook.. Terutama buat temen-temen yang sekolah atau kuliah, hendaknya memilih laptop.. Kemudian yang jika laptop nantinya akan digunakan untuk bekerja, bisa memilih laptop.. Dengan spek yang lebih tinggi daripada netbook, pekerjaan kita akan lebih mudah dan lebih cepat diproses..

  • Merk

Poin selanjutnya adalah merk.. Saat ini banyak merk laptop baik itu vendor lokal maupun internasional yang menawarkan spesifikasi dan harga yang bersaing.. Sekarang ini tidak sama seperti dulu dimana hanya 1 vendor yang menguasai pasaran laptop.. Seiring berkembangnya teknologi, para vendor berusaha memberikan banyak pilihan kepada calon pembeli mengenai keunggulan produknya dan tentu saja dengan harga yang bersaing.. Hal yang terpenting dalam memilih laptop adalah ketersediaan jaringan purna jual di kota tempat tinggal temen-temen.. Terutama merk itu apakah sudah ada jaringan service center-nya di tempat tinggal kita.. Jika belum ada, apakah di kota terdekat dengan tempat tinggal kita sudah ada jaringan service center-nya.. Hal ini harus diperhatikan, karena jika ada kendala dengan laptop kita, kita bisa langsung menyambangi service center untuk penanganan lebih lanjut..

  • Laptop Bekas

Jika temen-temen lebih memilih laptop bekas, selain 3 poin di atas, ada hal yang juga harus diperhatikan.. Yaitu, kondisi laptop bekas itu sendiri.. Cek fisik laptopnya, ajak orang yang mengerti laptop, dan kalo bisa laptop yang akan dibeli itu merupakan laptop bekas temen atau saudara yang kita sudah tahu bagaimana keseharian mereka menggunakan laptop yang akan kita beli.. Jadi kita sudah bisa menilai kondisi laptop itu dan juga bisa tawar menawar harga dengan enak.. Bukan seenaknya ya..😀

Mungkin itu saja tips dari ane.. Buat temen-temen yang tahun depan berencana untuk membeli laptop, beberapa tips ane bisa dijadikan rujukan supaya bisa milih laptop yang bener-bener sesuai kantong dan kebutuhan.. Kalo ada tips tambahan, monggo di-share..

(hendryjeeps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s