Sejarah Tahun Baru Masehi

Posted on Updated on

image

Well.. Sebentar lagi tahun 2012 akan segera berakhir dan berganti dengan tahun 2013.. Malam pergantian tahun sangat dinantikan oleh semua kalangan.. Sebuah malam yang bagi sebagian besar kalangan “haram” untuk dilewatkan begitu saja.. Nah, mungkin sebagian besar dari kita belum tahu mengenai sejarah dari tahun masehi itu sendiri, termasuk ane.. Kali ini ane mau kasi sedikit informasi tentang sejarah tahun masehi.. So.. Cekidot..

Sejarah Tahun Baru Masehi

Sejak Abad ke-7 SM bangsa Romawi kuno telah memiliki kalender tradisional. Namun kalender ini sangat kacau dan mengalami beberapa kali perubahan. Sistem kalendar ini dibuat berdasarkan pengamatan terhadap munculnya bulan dan matahari, dan menempatkan bulan Martius (Maret) sebagai awal tahunnya.

Pada tahun 45 SM Kaisar Julius Caesar mengganti kalender tradisional ini dengan Kalender Julian. Urutan bulan menjadi: 1) Januarius, 2) Februarius, 3) Martius, 4) Aprilis, 5) Maius, 6) Iunius, 7) Quintilis, 8) Sextilis, 9) September, 10) October, 11) November, 12) December. Di tahun 44 SM, Julius Caesar mengubah nama bulan “Quintilis” dengan namanya, yaitu “Julius” (Juli).

Sementara pengganti Julius Caesar, yaitu Kaisar Augustus, mengganti nama bulan “Sextilis” dengan nama bulan “Agustus”. Sehingga setelah Junius, masuk Julius, kemudian Agustus. Kalender Julian ini kemudian digunakan secara resmi di seluruh Eropa hingga tahun 1582 M ketika muncul Kalender Gregorian.

Januarius (Januari) dipilih sebagai bulan pertama, karena dua alasan. Pertama, diambil dari nama dewa Romawi “Janus” yaitu dewa bermuka dua ini, satu muka menghadap ke depan dan yang satu lagi menghadap ke belakang. Dewa Janus adalah dewa penjaga gerbang Olympus. Sehingga diartikan sebagai gerbang menuju tahun yang baru.

Kedua, karena 1 Januari jatuh pada puncak musim dingin. Di saat itu biasanya pemilihan konsul diadakan, karena semua aktivitas umumnya libur. Di bulan Februari konsul yang terpilih dapat diberkati dalam upacara menyambut musim semi yang artinya menyambut hal yang baru. Sejak saat itu Tahun Baru orang Romawi tidak lagi dirayakan pada 1 Maret, tapi pada 1 Januari. Tahun Baru 1 Januari pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM.

Orang Romawi merayakan Tahun Baru dengan cara saling memberikan hadiah potongan dahan pohon suci. Belakangan, mereka saling memberikan kacang atau koin lapis emas dengan gambar Dewa Janus. Mereka juga mempersembahkan hadiah kepada kaisar.

Nah dari penjelasan diatas jelaslah bahwa tahun baru masehi merupakan tradisi barat.. Sangat aneh bila kaum Muslim yang memiliki tradisi Islam ikut berbaur merayakan tahun baru masehi.. Dalam hadits disebutkan “Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk golongan kaum itu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)..

Jelaslah bagi kita kaum Muslim untuk meninggalkan segala bentuk budaya barat termasuk merayakan pergantian tahun baru masehi..

Monggo di share..

Sumber : http://yasirmaster.blogspot.com/2011/12/tahun-baru-masehi-dalam-pandangan-islam.html

http://www.hidayatullah.com/read/20429/29/12/2011/tinggalkan-tahun-baru-an,-cukuplah-islam-sebagai-kebanggaan!.html

(hendryjeeps)

2 thoughts on “Sejarah Tahun Baru Masehi

    Bing.com said:
    September 24, 2014 at 10:45 pm

    I am really loving the theme/design of your web site. Do you ever run into any
    internet browser compatibility problems? A small number of my blog visitors have complained about
    my site not operating correctly in Explorer but looks great in Opera.

    Do you have any suggestions to help fix this issue?

      hendryjeeps responded:
      September 25, 2014 at 9:48 am

      as far i don’t have any problem with browser🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s