Apa Itu “Cloud Computing” ?

Posted on

530px-Cloud_computing-id.svg

Assalamualaikum..

Well.. Perkembangan teknologi belakangan ini semakin pesat.. Tiap beberapa bulan pasti ada teknologi baru.. Nah kali ini ane mau coba sedikit bahas teknologi yang sedang in belakangan ini, yaitu Cloud Computing atau komputasi awan.. Mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah mendengar apa itu cloud computing atau malah ada yang belum pernah denger sama sekali.. Ane mau coba jelasin sedikit apa yang dimaksud dengan cloud computing atau komputasi awan..

Menurut wikipedia..

Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Pengertian sederhananya seperti ini..

Cloud computing atau komputasi awan memiliki 3 komponen, yaitu :

  • Self Service

Self Service artinya teknologi ini memungkinkan kita melayani diri kita sendiri, semaunya kita sebagai user. Tidak terpaku dengan perangkat komputer. Kita bisa menggunakan teknologi ini via gadget yang kita punya, semisal ponsel. Asalkan terkoneksi ke jaringan internet.

  • On Demand

On Demand artinya teknologi ini dapat digunakan sesuai dengan permintaan user. Mau simpan atau update data di server cloud, atau bahkan mau kustom software yang ada di server itu terserah kita sebagai user.

  • Elastic

Elastic artinya teknologi cloud computing ini dapat digunakan kapan saja, dimana saja, dan dapat digunakan di berbagai perangkat. Tidak selalu harus menggunakan komputer atau laptop, dengan gadget yang kita miliki pun dapat menggunakan teknologi ini.

Nah salah satu contoh penerapan teknologi cloud computing ini adalah cloud sebagai media storage, artinya user bisa simpan data di server penyedia layanan cloud.. Contohnya seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft Sky Drive, dsb.. Saat ini sudah banyak provider ISP di Indonesia yang menyediakan layanan cloud computing untuk corporate.. Mereka menyediakan server-server yang akan disewakan ke perusahaan-perusahaan yang berminat menerapkan cloud computing dalam proses operasional perusahaan..

Apa agan aganwati sudah menerapkan teknologi ini??

(hendryjeeps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s