Mudik Telah Tiba

Posted on Updated on

mudik4_david1

Assalamualaikum agan aganwati..

Tidak lama lagi kita segera berpisah dengan bulan yang penuh berkah ini, kita akan segera meninggalkan bulan Ramadhan, bulan dimana semua amalan dilipatgandakan Allah SWT (insya Allah).. Ramadhan pergi, lebaran / hari raya Idul Fitri datang.. Sudah menjadi rutinitas kalo setiap lebaran tidak terlepas dari yang namanya mudik.. Sepertinya sudah menjadi budaya di negeri ini.. Rela menempuh ratusan hingga ribuan kilometer demi berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara di hari lebaran..

Buat agan aganwati yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi terutama pake motor pada lebaran ini, ya walaupun pemerintah melarang mudik pake motor, ane mau share sedikit tip agar perjalan mudik agan agan lancar dan selamat sampai tujuan..

  • Motor harus dalam kondisi fit.

Sebelum melakukan perjalanan, motor agan harus dicek dulu.. Mulai dari kaki-kaki, mesin, hingga kelistrikan (lampu lampu).. Silahkan konsultasikan motor agan ke bengkel langganan agan, minta masukan dari mekanik langganan.. Pastikan motor agan dalam kondisi fit sebelum dipakai mudik..

  • Jangan bawa barang banyak.

Jangan bawa barang yang banyak gan.. Nantinya bisa nyusahin agan sendiri di jalan.. Bawalah barang secukupnya.. Kalopun memang barang yang dibawa banyak, sebaiknya dikirim via ekspedisi.. Banyak koq gan ekspedisi yang masih buka beberapa hari sebelum lebaran..

  • Maksimum boncenger 1 orang.

Boncenger 1 orang aja gan, jangan lebih.. Jika membawa anak, sebaiknya anak dan ibunya naik bus atau angkutan umum lain..

  • Pilih waktu riding.

Pilih waktu riding yang menurut agan lebih mantep.. Sebagian besar pemudik motor lebih memilih riding setelah subuh, karena suhu di jalan yang tidak terlalu panas, dan kondisi yang masih fit sehabis sahur..

  • Usahakan riding bareng.

Kalo agan punya temen yang akan mudik ke daerah yang sama dengan agan, sebaiknya mudik bareng.. Kalopun tidak sedaerah minimal ada temen atau rekan yang searah dengan arah mudik..

  • Istirahat sejenak setelah 2 jam riding.

Jika perjalanan agan memakan waktu lebih dari 2 jam, sebaiknya setiap 2 jam riding berhenti sejenak untuk istirahat.. Istirahat 30 menit sudah cukup untuk mengembalikan stamina tubuh.. Jika mengantuk, silahkan tidur gan, jangan dipaksa riding, bahaya.. Carilah tempat istirahat yang menurut agan aman dan nyaman.. Biasanya SPBU menjadi pilihan favorit para pemudik..

  • Waspada simpul kemacetan di sepanjang perjalanan.

Semakin dekat lebaran, akan semakin banyak pasar tumpah.. Usahakan cari jalur yang simpul kemacetannya sedikit.. Buat yang punya GPS bisa pakai GPS untuk mencari jalur terbaik.. Kalo gak punya tidak ada salahnya agan bawa peta..

Nah.. Tadi sedikit tip dari ane untuk agan aganwati yang mau mudik..

Utamakan keselamatan di jalan gan karena keluarga menunggu agan di rumah..

Selamat mudik..

Wassalamualaikum..

(hendryjeeps)

Leave a comment