Short Trip to Tanjung Jumblai Beach Penajam

Posted on

IMG_20130929_112752_1_wm
Pemandangan hutan bakau selama perjalanan

Assalamualaikum agan-agan aganwati..

Ane lagi seneng jalan-jalan ni hehehe.. Setelah kemarin muter ke Samboja, Ahad kemarin ane jalan-jalan ke kabupaten Penajam Paser Utara.. Kabupaten ini masih masuk ke dalam propinsi Kalimantan Timur.. Ada 2 jalur untuk menuju kabupaten ini, lewat jalur laut (naik kapal ferry) dan lewat KM 38 kecamatan Samboja, Kutai Kartanergara.. Klo mau ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dari Kaltim musti lewat kabupaten ini.. Kedepannya akan dibangun jembatan yang menghubungkan Penajam dengan Balikpapan.. Akan ada 3 jalur menuju Penajam..

Rute Perjalanan

Dalam perjalanan kali ini, ane pilih jalur laut karena lebih singkat dan bisa liat pemandangan di laut.. Tiket kapal ferry untuk 1 motor dan 1 orang tanpa boncenger dikenai tarif Rp. 26ribu (Balikpapan-Penajam begitu sebaliknya).. Kalo sama boncenger ane gak tau cos ane masih jomblo hehehe.. Perjalanan menuju Penajam ditempuh selama 45 menit.. Oiya bisa juga nyebrang ke Penajam gak pake kapal ferry, tapi pake kapal kayu atau speed boat.. Tapi nyebrangnya dari daerah Kampung Baru Ujung, deket aja dari pelabuhan penyeberangan ferry.. Tapi buat yang mabuk laut gak rekomended ya.. Mending naik ferry.. Tarifnya ane gak tau cos belum pernah coba..

Setelah 45 menit ditambah 15 menit terombang-ambing di laut karena nunggu giliran bersandar, alhamdulillah sampai di Penajam.. Kalo diliat dari map diatas, jalanan di Penajam memang lurus dan datar.. Beda sama Balikpapan yang kelok-kelok dan naik turun.. Jalanan lurus + sepi + aspal masih baru bikin nafsu buat gas pol (jangan ditiru ya😀 ).. Jalanan yang sudah aspal baru masih di sekitar Penajam aja, setelah Penajam aspalnya banyak yang udah terkupas.. Jadi dituntut kewaspadaan dalam berkendara.. Maaf gan gak ada foto jalannya, keasikan soalnya hehehe..

30 Menit dari Penajam sampailah di pantai Tanjung Jumblai.. Jalan masuk ke Tanjung Jumblai dari jalan besar sekitar 3-4 km.. Pantai ini mirip dengan pantai yang ada di Balikpapan (Pantai Manggar dan Lamaru) tapi gak serame 2 pantai itu.. Masuk ke pantai Tanjung Jumblai gratis gan.. Untuk fasilitasnya masih kurang, seperti tong sampah dan WC umum.. Karna kondisi pantai yang tidak terlalu rame, ane telusuri pantai pake motor.. Baru kali ini ane riding di pantai, tricky juga, ban motor berasa kempes, geol kanan geol kiri.. Sepanjang pantai ada beberapa pondokan yang mayoritas diisi anak muda sedang memadu kasih alias pacaran..

Puas eksplor pantai, ane bergegas cari masjid untuk sholat Zuhur.. Ishoma.. Istirahat, sholat, mancal lagi balik ke Penajam, pulang ke Balikpapan karna besok Seninnya sudah harus macul lagi😀 .. Masih banyak pantai di Kalimantan ini yang patut disinggahi.. So stay tune gan..

Wassalamualaikum..

(hendryjeeps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s