Pasang Tromol Kawasaki KLX 150 di Yamaha Vixion (Bag. 1)

Posted on

Assalamualaikum agan agan..

Penggunaan velg cast wheel (CW) di Yamaha Vixion memang bikin tampilan motor ganteng, namun bagi sebagian orang berpendapat lain.. Lebih ganteng jika diganti dengan spoke wheel (SW) atau velg ruji.. Terutama untuk mengejar bobot motor SW lebih ringan dari CW.. cmiiw.. Aplikasi SW ini jamak digunakan di motor klasik, motor adventure, dan motor balap (motor drag).. Nah untuk Vixion sendiri yang sudah dari pabriknya pakai CW diakali gimana caranya supaya bisa pake SW.. Yang paling utama adalah penggantian tromol.. Untuk roda depan bisa aplikasikan tromol Kawasaki Ninja 150 atau tromol Yamaha Jupiter MX.. Kemudian untuk roda belakang bisa menggunakan tromol Yamaha Scorpio atau Yamaha RX King.. Kali ini ane mau coba aplikasikan tromol Kawasaki KLX 150 ke Yamaha Vixion..

Bahan-bahan yang dibutuhkan ya tentu saja 1 set tromol depan belakang KLX.. Lengkap dengan cakram dan gir belakang.. Ditawarin sama temen kerja ane tromol KLX lengkap beserta velg almu dan ban.. Setelah nego-nego akhirnya ane pinang 1 set tromol beserta velg dan bannya.. Modifikasi tromol ini ane lakukan bertahap karna akan banyak yang dimodif, baik itu garpu depan dan arm belakang.. Langkah pertama adalah bongkar velg.. Ruji terpaksa dipotong karna sudah tidak layak pakai lagi..

DSC01728

Tromol Depan

Untuk tromol depan, cakram standar Vixion berdiameter 260 mm sedangkan cakram KLX 240 mm.. 2 cm perbedaannya.. Untuk itu ane akan aplikasikan cakram yang lebih lebar dari cakramnya Vixion dan tentu saja yang pnp sama tromolnya KLX.. Untuk kabel spidometer tidak bisa digunakan karna dudukan di tromol KLX beda sama yang di Vixion.. Kalo pasang tromol Ninja atau tromol Jupiter MX, kabel spidometer masih bisa dipake.. Selanjutnya adalah setting bushing dan setting adaptor cakram.. Untuk lebih jelasnya akan ane jelasin di artikel terpisah..

Tromol Belakang

Tromol KLX sudah menganut cakram belakang.. Mau gak mau ane musti cari master dan kaliper untuk cakram belakang.. Salah satu opsinya ada menggunakan set cakram belakang New Vixion Lightning (NVL).. Diameter cakram belakang KLX sama dengan cakram NVL, yaitu 200 mm.. Untuk gir belakang KLX jumlah matanya sama dengan gir belakang Scorpio, yaitu 44 mata.. Sama dengan roda depan, di roda belakang ini juga musti setting bushing dan cakram belakang.. Akan ane jelasin di artikel terpisah..

Mau tau progressnya gmana?? Pantengin terus ya gan.. Ane akan share step-stepnya..

Wassalamualaikum..

pics from google.com

(hendryjeeps)

38 thoughts on “Pasang Tromol Kawasaki KLX 150 di Yamaha Vixion (Bag. 1)

    ulfan said:
    December 20, 2013 at 10:39 pm

    saya tunggu loh gan episode selanjutnya soalnya inspiratif bgd idenya buat diterapin di vixi ane-

      hendryjeeps responded:
      December 21, 2013 at 8:48 am

      ok siap gan..stay tune🙂

    arip said:
    December 27, 2013 at 11:46 am

    kapan ni gan kluar episode selanjutnya😛
    penasaran gan😀

      hendryjeeps responded:
      December 31, 2013 at 10:33 am

      siap..ditunggu gan..🙂

    candra said:
    January 1, 2014 at 6:22 pm

    gan mana step selanjutnya,
    ane tungguin gak muncul muncul

      hendryjeeps responded:
      January 1, 2014 at 6:25 pm

      Sabar ya gan..ane masi ngumpulin part2 tambahan yang dibutuhin..ditunggu aja..🙂

    barnas said:
    January 3, 2014 at 4:43 pm

    agan kalau tromol klx bisa pas gk di ninja rr??tolong bantuannya,,

      hendryjeeps responded:
      January 3, 2014 at 4:46 pm

      Pas banget gan..plug n play alias tinggal pasang..punya temen ane ninja rr pake tromol klx juga..🙂

    muhabdulrosyid said:
    January 7, 2014 at 5:49 pm

    Gan tromol new vixion belakang yg langsung pasang tanpa ngerubah, pake tromol apa…

    yadii said:
    January 9, 2014 at 6:20 pm

    Κ̲̅‎​ã̬̩̊‎​L̲̅‎​o̲̅‎​ buat vixion baru pake tromol ɑ̣̣̝̇̇ρ̥̥ɑ̣̣̝̇̇ Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺ ???

    nandang said:
    January 10, 2014 at 10:38 pm

    gan tromol klx depan/blkangnya yang pas untuk nnja rr????

      hendryjeeps responded:
      January 11, 2014 at 8:56 am

      wah belum pernah tau ane gan, tapi bisa aja, musti modif bushing dll..🙂

    arip said:
    February 2, 2014 at 2:58 pm

    gan blakang pakek pnya apaan ni klo pkek tromol klx

    arip said:
    February 2, 2014 at 2:59 pm

    gear nya maksudnya

      hendryjeeps responded:
      February 4, 2014 at 9:14 am

      Pake gear bawaan KLX gan.. gear belakang KLX matanya 44 sama seperti jumlah mata gear belakang scorpio.. penggunaan gir bermata 44 ini jamak digunakan di vixion lawas yang sudah ganti ban dan velg lebar.. supaya kuat tarikannya gan.. untuk gir depan dan rantai tidak perlu ganti, pake gir dan rantai standarnya vixion aja.. ane belum update progressnya karna ane lagi nyari set cakram belakang new vixion🙂 ..

    rian said:
    February 23, 2014 at 6:13 pm

    gimana lanjutanx gan? kalo udah punya set cakram+gear scorpio… bisa langsung di pake ke vixion? bakalan bagus ni jadinya soalnya

      hendryjeeps responded:
      February 23, 2014 at 6:23 pm

      Lagi on progress gan..ditunggu ya..🙂

    […] artikel terdahulu soal instalasi tromol KLX di old Vixion (klik) kali ini ane mau ngelanjutin gimana step-step […]

    petak said:
    June 20, 2014 at 11:57 pm

    gan kalo tromol klx belakang bisa di pasang di ninja r gak ?

      hendryjeeps responded:
      June 21, 2014 at 8:36 am

      yup bisa gan..sebelum ane, temen ane udah ada yang aplikasi tromol depan n belakang ke ninja r

    rivaldi said:
    July 23, 2014 at 6:05 pm

    bro, ngomong” velgnya pake yg merek apa.. keren.. tlg infonya, bisa jadi inspirasi😀

    septian said:
    August 29, 2014 at 8:56 pm

    gan pasang tromol klx ke new vixion bisa gak?

      hendryjeeps responded:
      August 29, 2014 at 9:08 pm

      bisa gan.. setting bushingnya aja, ukuran as roda new vixion (depan n belakang) sama dengan as roda klx, jadi gak perlu ganti as.. sama jangan lupa ukuran piringan cakram belakang klx lebih kecil dari cakram new vixion, mungkin nanti modif adaptor buat kaliper cakram belakang..

    Vixion Modif Velg Ruji (Jari Jari) | HendryJeeps said:
    September 19, 2014 at 11:21 am

    […] ke Vixion kesayangan.. Ane yang sudah pernah aplikasikan velg ruji ke Vixion ane dan ane tulis di sini dan di sini.. Yaitu dengan menggunakan tromol Kawasaki KLX.. Mengingat harga tromol ori KLX yang […]

    yantokui said:
    June 18, 2015 at 1:45 pm

    D jupiter mx bs gk bro pake tromol klx

      hendryjeeps responded:
      June 18, 2015 at 2:02 pm

      ane kurang tau ukuran as rodanya MX gan..
      coba cari ukurannya di part catalog onlinenya yamaha, kalo sama dengan vixion, tromol KLX bisa dipasang ke MX.. tinggal setting bushing2nya aja..

    Ardhi Sulistiyo said:
    July 12, 2015 at 3:34 pm

    tromol klx di pasang di jup mx new , apakah sama step nya

      hendryjeeps responded:
      July 14, 2015 at 8:36 am

      Stepnya kurang lebih sama gan..🙂

        berandal popies said:
        July 16, 2015 at 6:57 am

        Gan tromol jupi z bisa dipasang di vixion gak.?

        hendryjeeps responded:
        July 31, 2015 at 2:33 pm

        nah ane belum pernah tau ni gan..

    willy said:
    November 18, 2015 at 12:06 pm

    Btw harganya berapa gan tromol klx dpan blkang?

      hendryjeeps responded:
      November 18, 2015 at 1:28 pm

      klo gak salah dulu 500ribuan gan, depan n belakang..jadi total 1jutaan..

    hary said:
    April 22, 2016 at 10:11 pm

    gmna caranya biar bisa di pake spidometer vixion lug pake tromol KLX gan

      hendryjeeps responded:
      April 25, 2016 at 10:54 am

      maaf gan..ane belum nemu caranya..hehe

Leave a Reply

