Pasang Tromol Kawasaki KLX 150 di Yamaha Vixion (Bag. 2)

Posted on Updated on

Photo-0013

Assalamualaikum agan agan..

Melanjutkan artikel terdahulu soal instalasi tromol KLX di old Vixion (klik) kali ini ane mau ngelanjutin gimana step-step selanjutnya..

  • Roda Depan

Untuk pemasangan tromol KLX di garpu depan Vixion tidak terlalu rumit, hanya perlu dibuatkan bushing baru.. Bushing bawaan Vixion tidak bisa digunakan karena ukurannya yang lebih panjang, jika dipasang maka piringan cakram tidak bisa terpasang di kaliper.. Untuk pengukur spidometer (apa itu namanya ane gak tau) musti dilepas karna dudukannya beda dengan tromol Vixion.. Untuk ukuran bushingnya 1,5 cm (bushing kiri) dan 2,5 cm (bushing kanan).. Ane lupa ukuran pastinya berapa hehe.. Keburu dipasang lupa ngukur🙂 .. Kemudian untuk piringan cakram bawaan tromol KLX bisa langsung terpasang sempurna di kaliper Vixion, tidak perlu modifikasi kaliper lagi.. Plug n play.. Untuk ukuran velg ane pake 17 x 3.00 dengan ban 110/70.. Dampak dari penggunaan velg dan ban lebar adalah spakbor depan musti ditinggiin supaya bannya gak gesrot sama spakbor..

  • Roda Belakang

Pemasangan tromol KLX di arm / lengan ayun vixion agak sedikit rumit dari pada tromol depan tadi.. Yang jadi patokan ketika pasang tromol adalah gir depan Vixion dengan gir belakang KLX harus lurus alias sejajar.. Caranya pasang rantainya, kemudian liat sudah lurus atau tidak.. Untuk bushingnya musti buat bushing baru lagi terutama untuk bushing bagian kiri.. Ukurannya 4,5 cm.. Untuk bushing bagian kanan bisa menggunakan bushing bawaan Vixion namun ditambah ring sebanyak 2 biji.. Velg belakang ane pake ukuran 17 x 3.50 dan untuk bannya ukuran 120/70.. Sedikit tips pemasangan tromol belakang, untuk memudahkan waktu ukur bushing, velg sudah harus terpasang dengan tromol.. Jadi nanti bisa tau apakah velg dan girnya sudah lurus atau belum.. Pas sudah lurus baru dah ukur buat bushing baru.. Ukuran gir KLX itu 44 sama dengan gir Scorpio, jadi bisa langsung dipake.. Untuk kaliper cakram belakang belum ane pasang karna ane mau trial dulu ni tromol dan velg.. Jika sudah oke baru dah install kaliper cakram belakang..

Hasilnya..

Motor kelihatan lebih bersih (lawong habis dicuci hehe)..

Selamat mencoba gan..

Wassalamualaikum..

(hendryjeeps)

61 thoughts on “Pasang Tromol Kawasaki KLX 150 di Yamaha Vixion (Bag. 2)

    rian said:
    March 6, 2014 at 8:11 pm

    wuihh… mantep bro… keren jadinya…
    terimakasih banget bro…

    hendryjeeps responded:
    March 7, 2014 at 10:02 am

    terima kasih gan.. semoga menginspirasi.. hehe..

    fauzar said:
    March 12, 2014 at 6:08 pm

    tromol nya 28 hole apa 36 hole gan ? posisi tromol udah center kah ? atau perlu setel velg dengan trik khusus ??

      hendryjeeps responded:
      March 12, 2014 at 6:18 pm

      tromolnya 28 hole gan, velgnya agak susah carinya, kemarin ane beli 1 set sama velg.. posisi tromol depan + velgnya udah center.. trus untuk tromol belakang,supaya gir belakang lurus sama gir depan n supaya velg nya center sama velg depan, pas stel velg tromolnya dibuat agak ke kiri.. hasilnya tromol belakang + velgnya gak center, tapi gapapa gan yang penting gir belakang lurus sama gir depan n velg belakang lurus sama body..

        fauzar said:
        March 12, 2014 at 10:15 pm

        pake spacer gear aja mas gan, biar tromol sama velg tetep lurus

        ternyata ada velg 17″ 28 hole ?

        hendryjeeps responded:
        March 13, 2014 at 8:13 am

        Yup rencananya kemarin gt gan, mau buat spacer, tp setelah velg di stel n setting bushing ulang ternyata gak perlu buat spacer.. Coba cari velg merk expedition gan, ada yg 28 hole

    adhyg13 said:
    March 15, 2014 at 10:16 am

    apik bro . . . . .itu pake velg n ruji apa bro?pengin buat gitu buat motor tua,budget sekalian ya,wkwkwkwk . . . .

    http://l2super.wordpress.com/2014/03/03/saat-kemanan-berkendara-jauh-lebih-penting-dari-sekedar-penampilan/

      hendryjeeps responded:
      March 15, 2014 at 10:29 am

      maturnuwun mas bro.. velgnya ane gak tau merknya apa cos ane beli bekas, klo rujinya TDR.. Buat budgetnya antara 2,5 – 3 juta mas bro..🙂

    rizal said:
    March 31, 2014 at 6:29 pm

    gan, cakram belakangnya selain punyanya NVL punya apa lagi yg PNP? cakram belakang buat scorpio bisa ngga?

      hendryjeeps responded:
      April 2, 2014 at 3:13 pm

      gan, untuk cakram belakang NVL sama KLX beda di lubang baut, jadi musti pake piringannya KLX, trus untuk kaliper bisa pake punya NVL, tinggal modif braketnya

    gazz said:
    April 28, 2014 at 5:33 pm

    laher/ bearing nya kode brapa om klo pake tromol klx ? ganti as roda nya ga om ?

      hendryjeeps responded:
      April 28, 2014 at 6:48 pm

      Waduh ane lupa tu gan..kemarin pake bearing bawaannya tromol..trus untuk as-nya gak perlu ganti..as bawaannya vixion masuk sama tromol..

    ULFAN said:
    May 11, 2014 at 2:33 pm

    gan kalo sama tromol belakang after marketnya ninja yang modelnya kayak tromol klx itu apa kemungkinan sama ukuran bushing nya yang agan buat itu untuk di pasang di vixion lama soalnya kalo beli tromol klx mahal tp kalo tromol aftermarketnya ninja yg seperti klx gak terlalu mahal mohon
    pencerahanya ea gan_

      hendryjeeps responded:
      May 13, 2014 at 1:08 pm

      wah kurang tau ane ukurannya gan.. coba pake bushing bawaannya vixion soalnya dl ane sempet pake punya vixion bisa masuk, tp bushing yang sebelah kanan..

    aji said:
    May 21, 2014 at 3:22 am

    manteb dah. Mening n joss pokoke.
    Nyoba ah gw pke cz emang niat mw ganti tpi bngung yg belakang gmn. Jdinya belakang pke girnya klx?

      hendryjeeps responded:
      May 21, 2014 at 11:01 am

      Yup gan…yang belakang pake girnya KLX..
      Selamat mencoba gan.. klo udah jadi bisa di share hasilnya🙂

    Vixion Modif Velg Ruji (Jari Jari) | HendryJeeps said:
    September 19, 2014 at 11:22 am

    […] kesayangan.. Ane yang sudah pernah aplikasikan velg ruji ke Vixion ane dan ane tulis di sini dan di sini.. Yaitu dengan menggunakan tromol Kawasaki KLX.. Mengingat harga tromol ori KLX yang lumayan, […]

    Titho velany said:
    September 19, 2014 at 9:35 pm

    Gan kalo pemasangan di yamaha scorpio thn 2008 apa aja yg perlu di rubah buat bagian belakang kalo pake tromol klx

      hendryjeeps responded:
      September 22, 2014 at 3:10 pm

      yang musti dimodif, antara lain bushing sebelah kanan n kiri, setting cakram belakang karna tromol KLX pake cakram (bisa pake paket cakram belakang utk vixion, tapi musti buat adaptor untuk kalipernya), gir belakang gak perlu diganti karna jumlah mata gir KLX = scorpio = 44 mata.. Semoga membantu gan..🙂

        Titho velany said:
        October 5, 2014 at 8:25 am

        Oke gan ini dah jadi velg nya tinggal aplikasiin aja ke pioo aq hha
        Thanks gan infonya

        hendryjeeps responded:
        October 6, 2014 at 8:52 am

        mantap gan.. ditunggu poto2nya ya..

    kenu said:
    November 12, 2014 at 6:28 pm

    Kalo di new vixion kira2 sama gak mas??
    Ini saya jg mau ganti jari2, coz ketimbang pake tromol aftermarket yg udah sesuai (jadi & tnggal pnp) yg pasti kwalitas ga skuat buatan pabrikan. Ya saya mhon dksh sdikit info apa aja yg diperluin utk ngrubah kaki kaki motor saya ini biar kayak motor sampeyan😀

      kenu said:
      November 12, 2014 at 6:32 pm

      Ukuran velg 17, tapi kalo dilihat kayak velg supermoto lah. Perlu ukran ban & velg brapa ya???

        hendryjeeps responded:
        November 12, 2014 at 10:44 pm

        ane pake ukuran velg 3 inch (depan) n 3.50 inch (belakang).. velgnya cuma 28 lubang ya gan, ini nyarinya yang agak susah cos yang banyak di pasaran 36 lubang sedangkan jumlah ruji di tromol KLX cuma 28..
        trus untuk ban, ane pake ukuran 110/70 (depan) n 120/70 (belakang)..mungkin untuk new vixion bisa lebih besar lagi cos arm nya aja udah besar banget..

      hendryjeeps responded:
      November 12, 2014 at 10:42 pm

      halo gan..untuk new vixion bisa gan dipasangin tromol KLX..untuk roda depan, as roda gak perlu diganti, bisa masuk ke tromol KLX.. tinggal buat bushingnya aja (kanan n kiri)..ukuran diameter piringan cakram new vixion sama dengan KLX, gak perlu setting kaliper..langsung plug n play..

      trus untuk roda belakang agak banyak yang disetting gan..as roda bawaan gak perlu ganti..bushing juga harus disetting, mendingan buat bushing baru aja..gir gak perlu diganti, jumlah mata gir belakang KLX itu 44 mata, sama dengan girnya scorpio..
      untuk pemasangan roda belakang, gir belakang harus lurus sama gir depan..pas pasang ruji, tromolnya dibuat agak ke kiri gan supaya girnya lurus n velgnya juga bisa lurus.. trus braket kaliper cakram juga musti dibuat cos braket bawaan new vixion kegedean.. ukuran diameter cakram belakang KLX lebih kecil daripada new vixion.. kaliper bawaan masih bisa dipake, tinggal dibuat aja braketnya..

      selamat mencoba gan..

    efry vixion brother said:
    February 3, 2015 at 8:47 pm

    gan mau nanya nie tuh kilometer gak bisa dipasng ya gan,,,,

      hendryjeeps responded:
      February 4, 2015 at 8:47 am

      yup betul gan, kabel spidometer gak bisa dipasang.

    Hanif said:
    March 4, 2015 at 1:41 am

    Gan saya masih kurang ngerti maksudnya yg terahir itu kaliper bawaan masih bisa kepake, cuma kalipernya itu mesti dibuatkan braket baru yg agak kecilan sesuai tromol klxnya ya atau menyesuaikan kalipernya ya gitu maksudnya gan

      hendryjeeps responded:
      March 8, 2015 at 6:06 am

      maksudnya gini gan..kaliper cakram depan masih bisa dipake tanpa harus buat braket kaliper lagi..tinggal plug n play gan..gak ada yang dimodif, kecuali bushing tromol..

    Rizqi said:
    May 10, 2015 at 12:18 pm

    Gan, saya mau tanya nih misalkan tromol klx mau saya aplikasikan ke NJMX ada banyak perubahan engga?
    Terus apa aja yang perlu dirubah?
    Soalnya, kemaren niatnya mau pake tromol klx tapi takut ntr malah ribet masangnya, jadi sementara saya mau pake tromol custome model becak gan, oyaa niatnya nanti mau pake velg ukuran 17×2.15-17×2.50
    Sebelumnya Terimakasih, bila berkenan menjawabnya,

      hendryjeeps responded:
      May 11, 2015 at 9:14 am

      Ane coba jawab ya mas rizqi..
      1. Untuk aplikasi tromol KLX ke NJMX coba cek ukuran panjang tromol KLX yang depan gan..compare sama panjang AS NJMX, ngepress atau masih ada space..Trus ukuran AS nya, apakah diameternya sama dengan vixion atau tidak. Ukuran bisa dicek di part katalog online-nya Yamaha. Jika sama, tinggal pasang aja tanpa harus ganti bearing. Kemudian yang harus diganti adalah bushing, musti ukur ulang. Kemarin ane buat ulang bushing depan dan belakang. Untuk bagian belakang, selain setting bushing juga musti buat adaptor kaliper cakram karna ukuran piringan cakram belakang KLX yang kecil.
      2. Kemudian ukuran velg, di Balikpapan ane beberapa kali lihat Ninja 150R aplikasikan tromol KLX dengan velg yang agan sebutin di atas. Bisa masuk gan.

      Selamat mencoba..

    Aldy Pratama said:
    August 11, 2015 at 10:48 am

    Om, numpang tanya..
    KLX 150 L kan tromol belakang udah 36 hole tuh, dimensinya sama seperti tromol belakang KLX 150 S yang 28 hole ga ya?
    Kalo misalnya sama, apa setup diatas (tromol belakang + piringan + gir (all KLX 150 L) + kaliper NVL) bisa digunakan di Scorpio?

      hendryjeeps responded:
      August 12, 2015 at 3:04 pm

      sepertinya dimensinya sama om, cuma nambah lubang aja..

    agung said:
    October 21, 2015 at 9:34 pm

    Yg saya mau tau bengkel pengerjaan nya dimana ni bro hendry hehehe… Bole minta contact us ms hendry ga? Msih newbe bgt saya😦 kali aja bisa bantu

      hendryjeeps responded:
      October 22, 2015 at 8:43 am

      dulu ane dibantu sama temen kantor gan dan pengerjaannya di kantor (buat bushing, adaptor kaliper rem cakram)..tapi sayang temen ane ini sekarang sudah resign..posisi agan dimana?

    rausel said:
    January 2, 2016 at 4:38 pm

    Inspirasi bgt buat nvl ane bang 😁
    d_nvl gg terlalu banyak rubahan. Mangstap

    jatnika said:
    January 11, 2016 at 12:07 am

    Gan, saya lagi bangun vixion jadi trail. Shock depan pake USD thailand. Kaliper depan bawaan vixion bisa kepake ga ya? Kalo utk kaliper belakang, substitusinya pake kaliper motor apa?
    Untuk bushing, beli udah jadi ato gimana?
    Terima kasih ya gan!

      hendryjeeps responded:
      January 11, 2016 at 8:46 am

      gan..piringan cakram depan tetep pake bawaan vixion atau ganti lebih lebar?
      klo ganti yang lebar mungkin kalipernya masih bisa dipake, klo piringannya standar vixion, ane belum pernah tau apakah lubang baut USDnya masuk sama kaliper apa nggak..Untuk kaliper belakang bisa pake punya Tiger atau Satria FU gan biar lebih mantep..
      Trus bushingnya lebih baik buat aja gan, biar enak settingnya..Kemarin ane gitu, buat baru, ukur2 dulu, udah jadi tinggal digerinda dikit..

    dicky said:
    March 15, 2016 at 4:22 am

    Gan ane mw psang tromol klx dvixion sma kyk smpyan.uda bca bolak blik jga artikelnya, cma mw tnya klo mslah rntainya gmna?trs ane uda pkek ckrm blkng pnya tiger .kra2 ap sja yg prlu dmodif.kn soalnya gk sma kyk pnya smpyn yg pkek nvl.trims

      hendryjeeps responded:
      March 15, 2016 at 9:27 am

      klo rantai masih bisa pake bawaan vixion gan.. untuk cakram belakang pake punya tiger, agan musti buat dudukan/adaptor piringan cakramnya buat dipasang di tromol belakang, dan juga musti buat braket dudukan kaliper cakramnya..

        Ega Vixioner said:
        April 22, 2016 at 7:41 pm

        Pake caliper satria FU apakah itu sudah PNP ukurannya dengan Disc Brake KLXnya ?? Atau juga sekalian master Satria FUnya juga PNP ??

        hendryjeeps responded:
        April 25, 2016 at 10:51 am

        klo kaliper n masternya bisa pake punya FU gan..mungkin yang harus butuh penyesuaian/modifikasi adalah braket kaliper..

    ega vixioner said:
    April 22, 2016 at 8:22 pm

    Nanya Gan.., Apakah caliper FU dan Adaptor sudah sesuai dengan disc brake KLX nya ??

      hendryjeeps responded:
      April 25, 2016 at 10:52 am

      klo kaliper mungkin bisa dipakai gan..adaptornya yang harus dimodif cos diameter cakram KLX lebih kecil dari FU..cmiiw..

        Ega vixioner said:
        April 25, 2016 at 1:38 pm

        Atau sekalian pakai caliper dan bracket punya KLXnya aja ya Om, jadi tinggal nambah pengelasan pada swing arm untuk penahan bracket, bisa nggak tuh Om ?? Mohon share ilmunya..

        hendryjeeps responded:
        April 25, 2016 at 3:48 pm

        bisa gan..amannya gitu..daripada buat braket baru..itung2 biayanya juga gan karna sparepart kawasaki lumayan mahal klo dibandingkan sama motor lain (yamaha, honda)..

    hariey said:
    April 25, 2016 at 8:30 pm

    gmna caranya gan spaya bisa di pasang speedometernya, ap harus gnti pake puny KLX gan biar bisa di pasang biar bisa jalan speedometernya gan

      hendryjeeps responded:
      April 27, 2016 at 8:06 am

      ane belum ktemu ni gan caranya supaya speedo bisa jalan..cara cepetnya emang pake bawaan KLX

    Ega Vixioner said:
    May 11, 2016 at 7:32 am

    Pagi Om.., Gimana ?? Caliper dan Master RDB nya sudah diinstal belom ?? Kalau sudah tolong dishare foto2nya dan tips2nya.. Cmiiw.. makasih

      hendryjeeps responded:
      May 11, 2016 at 11:16 am

      pagi om..mohon maaf sebelumnya, motor ane sudah lama ane jual hehe..tp ane masih simpen foto2 motor ane, klo mau nanti ane kirim via email..ada alamat emailnya?

        Ega Vixioner said:
        May 11, 2016 at 9:14 pm

        Wadoh !! Tuker motor apaan sekarang Om ?? Nih email saya [abuzahid.alindunisiy@yahoo.com]

        hendryjeeps responded:
        May 12, 2016 at 9:03 am

        ane tuker sama vespa gan hehe.. fotonya udah ane kirim via email ya..monggo dicek n dicoba..

        sundawa said:
        September 13, 2016 at 12:04 am

        Sama kirimin ke email saya mas. tsundhahwa@gmail.com
        Soalnya sy penasaran.
        Trus setel jari jari yg agak ke kiri itu bagaimana caranya. Apa tukang pasang ngerti. Terimakasih mas.

        hendryjeeps responded:
        September 13, 2016 at 9:15 am

        Sudah saya email ya Mas..Monggo dicek..Setel jari2 agak ke kiri itu cuma tukang pasang yang ngerti Mas hehe..Setel jari2 agak ke kiri itu juga atas masukan tukang pasang supaya gir belakang lurus sama gir depan..Coba konsultasikan aja sama tukang pasang di tempat Agan, mungkin punya tips n trik yang beda..

    sigit said:
    June 12, 2016 at 9:07 am

    mas…cakram depan klx bisa masuk gak ke tromol depan scorpio (jari-jari) sama2 lubang baut cakram nya 6 hole mas? trus harga disc depan klx yg ori brp mas…trims

      hendryjeeps responded:
      June 13, 2016 at 8:52 am

      pagi gan..sepertinya lubang tengah (bukan lubang baut) cakram KLX lebih besar daripada cakram scorpio, bisa saja dipasang ke tromol scorpio namun harus tambah adaptor..harga cakram KLX ane kurang paham gan berapaan..mungkin estimasi 100ribuan..

    amirul said:
    August 6, 2016 at 5:09 pm

    bro kalo mau ganti cakram depan lebih besar pake punya apa yaa yg tinggal pnp di shock vixion dan tromol llc

      hendryjeeps responded:
      August 9, 2016 at 10:06 am

      untuk saat ini coba pakai punya dtracker 150 yang baru gan, yang velgnya udah 17″, kan piringannya lebih besar dari KLX yang lama

    ambon mx said:
    August 19, 2016 at 9:09 am

    om ane udah kirim tromol + pelek,ke tukang stel pelek,,eh dia bingung pake jari jari yh punya motor apa y,klaw pake standar asli kawa saki thetracker lumayan 250 rban,kira kira jari2 yh bisa pake punya apa y

      hendryjeeps responded:
      August 19, 2016 at 10:23 am

      pake merk TDR om..punyanya KLX, dulu ane beli 80ribuan utk belakang aja, 160rb depan belakang..jari2nya gede2..mantep dah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s